Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 15 April 2011

Bismillah..

sebagai pembukaan, aku orang jogja. aseli..walopun Bapak bukan aseli dari jogja,tp aku lahir dan besar di jogja..
sebagai orang jogja aseli, tentu udah gak asing dengan yang namanya bahasa jawa. malah kalo dirumah, sehari-hari bahasa jawa sebagai bahasa ibu. kalo sama orang tua, musti berbahasa jawa halus / kromo inggil. sama sodara-sodara mah, tancap aja, pake jawa ngoko.

dengan teman-teman, bervariasi. tapi seringnya sih pake dua bahasa aja, bahasa jawa dan indonesia (mangkanya, jgn ajak saya bahasa inggris, ntar keluarnya janglish -jawa english-).
anehnya,bahasa jawa kromo inggil dengan romo dan ibunda, masih aja blekuthuk-blekuthuk. sampe detik ini(mungkin karena mt pljrn bhs JAWA dulu cuma 1 jam kali yeee...?)hhhee,aku masih sering ditegor bapak, karena berbahasa jawa yang belepotan. sampe-sampe saya “bangga” memproklamirkan diri sbg wong jowo sing ilang jowone -orang jawa yang hilang jawanya-.

lha gimana nggak, bahasa jawa, dari tujuh tingkatan bahasa dari yang terendah sampai yang tertinggi (ngoko, ngoko andhap, madhya, madhyantara, kromo, kromo inggil, bagongan, kedhaton), kok yang fasih dan fluent cuma ngoko. apalagi nilai-nilai jawa yang konon adiluhung.
...gitu dulu ya tmn2..sekelumit ttg siapa aku,hhheee...

2 komentar:

Unknown mengatakan...

salam kenal mas bro,, :) aku mbok jaluk translet bahasa dagadu mu kui to mas,,heheee,,apik e :D

Joyo Plencing mengatakan...

Elang@lam..knl jg..!
halagh nek pengin "nransletke gek mbukak blog iki wae neh,hhee..!

Posting Komentar